TIPS MEMILIH JURUSAN SMK YANG TEPAT

August 10, 2021 by admin on SMK/MAK

TIPS MEMILIH JURUSAN SMK YANG TEPAT

Memilih Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dapat menjadi pilihan bagi anda yang ingin langsung memasuki dunia kerja tanpa harus mencicipi bangku kuliah terlebih dahulu. Dunia kerja kini sudah sangat ketat, maka dari itu kita tidak boleh lagi bermalas-malasan. Bekerja dengan rajin dapat mengantarkan kita ke dalam kesuksesan di mana kita dapat mendapatkan kehidupan yang layak, yang awalnya hanya sekadar mimpi belaka.

Dengan gencarnya pemerintah mempromosikan SMK, kini peminatnya pun semakin bertambah. SMK yang setara dengan Sekolah Menengah Atas (SMA) dapat ditempuh jika peminat sudah menyelesaikan pendidikan tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP). Berbeda dengan SMA yang hanya memiliki dua sampai tiga penjurusan, SMK hadir dengan lebih banyak jurusan yang dapat dipilih oleh calon siswa. Untuk itu, memilih jurusan SMK pun harus sesuai dengan apa yang diminati karena ini sangat penting untuk prospek ke depannya seperti apa. Berikut adalah tips memilih jurusan SMK yang tepat:

  1. Sesuai dengan Minat

Apapun yang dikerjakan sesuai minat, pasti akan membawa kesenangan, begitupun dengan memilih jurusan SMK. Pilihlah SMK yang mempunyai jurusan sesuai hobi anda, sehingga nanti anda tidak akan bosan dengan pelajaran yang didapatkan ketika sekolah. Anda dapat lulus dan bekerja sesuai minat adalah sebuah kenikmatan yang tidak boleh diacuhkan.

 

Ini juga akan sedikit banyak mempengaruhi pendidikan di Sekolah anda karena nantinya akan dipercaya oleh masyarakat karena menciptakan lulusan yang berkualitas. Selain itu, anda juga pasti akan membanggakan keluarga, khususnya kedua orang tua yang sudah susah payah membiayai pendidikan anda.

 

  1. Sesuaikan dengan Cita-cita

Jika anda bercita-cita ingin menjadi seorang fashion designer, berarti anda harus memilih jurusan Tata Busana. Beda lagi jika anda memilih jurusan Tata Rias, pasti anda bercita-cita ingin menjadi seorang Make-up Artist (MUA), atau ingin membuka usaha di bidang kecantikan seperti salon. Pastikan jurusan yang anda pilih harus sesuai cita-cita anda.

 

  1. Kumpulkan Informasi Sebanyak Mungkin

Memang, dibandingkan dengan SMA, SMK memiliki jumlah jurusan yang sangat banyak, maka dari itu pasti awalnya anda akan bingung memilih jurusan yang tepat. Untuk itu, anda harus banyak bertanya dan mencari informasi kepada siapapun, entah itu dari kerabat dekat anda, kenalan baru anda, atau dapat juga mencari informasi dari internet. Anda harus perhatikan, mana jurusan yang tepat sesuai minat anda dan sesuai kebutuhan di dunia kerja.

 

Tips ini sangat penting karena akan berhubungan dengan prospek anda ke depan. Coba tentukan satu jurusan yang anda minati dan banyak dicari oleh pasar. Kemudian cari tahu apa saja yang akan anda dapatkan selama sekolah di jurusan tersebut, kualitas lulusannya seperti apa, dan apa saja yang harus dipersiapkan jika ingin mendaftar ke jurusan tersebut.

 

 

  1. Melanjutkan Studi ke Jenjang Yang Lebih Tinggi

Jika anda berminat untuk melanjutkan studinya ke jenjang kuliah, anda diharapkan memilih jurusan yang sesuai dengan jurusan yang anda jalani pada saat menempuh bangku SMK. Sebagai contoh, jika anda menempuh jurusan Administrasi Perkantoran di SMK, maka anda dapat melanjutkan studi ke jurusan Akuntansi saat kuliah.

 

Jika anda seorang lulusan SMK jurusan Teknik Komputer dan Jaringan, maka anda dapat melanjutkan studinya ke jurusan Ilmu Komputer atau yang masih berhubungan dengan komputer. Pada intinya adalah siapapun dapat melanjutkan kuliah termasuk lulusan SMK.

 

  1. Lihat Lingkungan Sekitar

Hal ini menjadi sangat penting untuk lulusan SMK karena mereka dapat langsung memasuki dunia kerja dengan keterampilan yang dimilikinya. Memilih jurusan pun harus mempertimbangkan lingkuangan sekitar. Kita harus tahu peluang apa yang belum tersedia atau lapangan kerja dengan jurusan apa yang banyak membuka lowongan pekerjaan. Anda harus dapat fleksibel dalam memilih, jika prospeknya bagus tetapi anda kurang berminat mendalaminya, anda harus pertimbangkan bersama orang tua anda.

 

  1. Jangan Terpaku pada Nilai Mata Pelajaran

Perlu diingat, yang lebih ditekankan di SMK adalah mengembangkan keterampilan. Jika nilai anda jelek, bukan berarti anda tidak bisa. Pada intinya adalah keseriusan anda dalam belajar sehingga nantinya anda akan memperoleh keterampilan yang berguna bagi anda kelak. Bagaimanapun proses tidak akan mengingkari hasil, jadi anda tidak perlu khawatir dengan nilai mata pelajaran yang jelek.

Nah, itu dia beberapa tips memilih jurusan SMK yang tepat. Bagi anda yang masih bingung memilih jurusan apa yang tepat, anda dapat mempertimbangkan tips ini agar nantinya dapat belajar dengan nyaman dan memiliki prospek cerah di masa depan. Selalu libatkan orang tua sebelum memilih jurusan agar anda dapat memperoleh hasil yang maksimal dan dapat bekerja di perusahaan ternama maupun membuka usaha sendiri.