INILAH 5 JURUSAN SMK YANG PALING DIMINATI

August 10, 2021 by admin on SMK/MAK

INILAH 5 JURUSAN SMK YANG PALING DIMINATI

Semua orang tua di dunia pasti ingin melihat anaknya sukses. Namun, masih banyak orang tua yang berpikiran bahwa untuk menggapai kesuksesan itu membutuhkan biaya yang banyak karena harus kuliah dan semacamnya. Padahal, kini lulusan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) pun sudah banyak dicari oleh perusahaan mengingat kualitas yang dihasilkan oleh para lulusan SMK sudah dapat bersaing dalam dunia kerja yang sangat ketat.

Dibandingkan dengan SMA, SMK justru mampu menghasilkan individu terampil yang siap kerja. Tidak hanya bekerja sebagai karyawan, mereka juga memiliki keterampilan yang dapat digunakan untuk memulai wirausaha. Untuk lebih mengetahui informasi lebih lanjut, kami sudah menyiapkan daftar 5 jurusan SMK yang paling diminati, di antaranya.

  1. Jurusan Tata Boga

Setiap hari, kita perlu makan dan minum agar tubuh tetap sehat. Pilihan makanan dan minuman pun kini sangat beragam, mulai dari yang dijajakan di pinggir jalan sampai restoran mahal yang harganya setara dengan uang muka mobil keluaran terbaru. Mengingat industri kuliner tidak akan pernah mati, kini jurusan Tata Boga sudah mulai banyak diminati oleh pelajar. Dari sini lah, SMK membantu mencetak tenaga ahli masak berstandar internasional.

 

Melihat fenomena ini, sudah sangat jelas ini adalah peluang besar untuk anak-anak kita kelak, karena perkembangan negara ini sudah semakin nampak sehingga banyak hotel dan restoran yang membutuhkan koki-koki mumpuni. Tak hanya itu, jika sudah merasa siap, mereka dapat membuka usaha katering atau rumah makan, meskipun dimulai dengan sekala kecil.

 

  1. Jurusan Teknik Komputer dan Jaringan

Kita sedang hidup di zaman teknologi. Kini, segala sesuatunya membutuhkan komputer atau laptop untuk membereskan pekerjaan, dimulai dari membuat laporan keuangan, mengerjakan tugas kuliah, membuat desain dan masih banyak lagi. Saking banyaknya hal yang dapat kita kerjakan di dalam sebuah komputer, maka tak heran jika SMK membuka jurusan Teknik Komputer dan Jaringan.

 

Jurusan prospektif ini mengajarkan siswanya cara merakit komputer, melakukan pemeliharaan hardware dan software dan juga memasang sebuah jaringan. Tak heran, jika banyak perusahaan berbasis teknologi akan mencari lulusan jurusan ini untuk mengisi posisi di tempat mereka. Tak hanya itu, banyak dari  lulusan jurusan Teknik Komputer dan Jaringan ini juga membuka jasa untuk perakitan komputer dan lainnya.

 

  1. Jurusan Teknik Otomotif

Anda pasti pernah mendengar berita tentang siswa SMK merakit mobil hemat energi yang memenangi lomba level internasional. Ya, mereka adalah siswa SMK jurusan Teknik Otomotif yang sangat kreatif. Jurusan ini tidak hanya melahirkan lulusan yang siap kerja melainkan juga terampil di bidang perakitan otomotif.

 

Kini sudah sangat banyak perusahan otomotif yang membuka peluang bagi lulusan SMK untuk bekerja di tempat mereka. Peluang untuk berwirausaha pun sangat terbuka, mengingat lulusan SMK sudah layak untuk membuka bengkel sendiri.

 

  1. Jurusan Farmasi

Meski dulu tidak begitu diminati, namun kini jurusan Farmasi tidak boleh dipandang sebelah mata. Berkembangnya industri farmasi di Indonesia, semakin membuka peluang para lulusan jurusan Farmasi untuk berkarir di perusahaan-perusahaan Farmasi ternama.

 

Tak hanya itu, banyak juga pilihan yang dapat ditempuh oleh lulusan Farmasi, contohnya mereka dapat mengisi bagian administrasi pelayanan obat di sebuah instansi pemerintahan, apotek, rumah sakit, perusahaan obat-obatan, kosmetik, atau kuliner. Maka dari itu, tak heran rasanya jika prospek yang dimiliki lulusan jurusan Farmasi ini sangat menjanjikan.

 

  1. Jurusan Pelayaran

Bagi anda yang ingin melihat putranya dapat mengarungi luasnya samudera, anda dapat memilih memasukan putra-putrinya ke sekolah Pelayaran. Kini, sudah ada banyak pilihan SMK Pelayaran di berbagai kota, sehingga akses pendidikan pun makin mudah.

 

Di sana mereka akan dididik dan dilatih menjadi seorang taruna SMK Pelayaran. Mereka akan belajar mengenai pengoperasian bidang nautika kapal. Untuk prospeknya sendiri, para lulusan SMK Pelayaran dapat mengisi peluang untuk bekerja di perusahaan kapal domestik maupun kapal asing yang tentunya dengan penghasilan yang tergolong cukup tinggi bagi lulusan SMK.

Bagi anda yang sedang bingung menentukan arah yang tepat untuk putra-putrinya, anda dapat mempertimbangkan artikel ini sebagai acuan untuk memilih arah hidup yang tepat bagi putra-putrinya. Perlu diingat, jangan sampai kita beranggapan bahwa SMK berada satu level di bawah Sekolah Menengah Atas (SMA), atau SMA lebih unggul dari SMK. Semua sekolah sama, di manapun kita menempuh pendidikan, pastinya akan mendapatkan ilmu pendidikan yang bermanfaat, tergantung dari individu masing-masing dan faktor lainnya yang mempengaruhi.

Sekian ulasan kami mengenai jurusan SMK yang paling diminati, kami harap tulisan ini dapat bermanfaat bagi anda, khususnya orang tua yang sedang kebingungan menentukan arah minat putra-putrinya. Salam SMK Bisa!